oleh

KEMERIAHAN “HALAL BIL HALAL IDUL FITRI 1440 H” IKABASS WILAYAH III CIREBON BARENG BUNDA AYU

CIREBON – JKN.

Banyaknya para perantau asal Sumatera Selatan yang tersebar di seluruh negeri menjadi dasar terbentuknya Komunitas atau wadah bagi mereka sebagai sarana dalam menjalin serta mempererat tali persaudaraan anggotanya Mereka kerap melakukan berbagai kegiatan.
Atas dasar itulah, Ikatan Keluarga Besar Sumatera Bagian Selatan ( IKABASS) Wilayah III Cirebon kembali menyelenggarakan agenda tahunan yaitu Halal Bil Halal Idul Fitri 1440 H.

Acara ini berlangsung di gedung P3GL Jalan Kalijaga No.101 Cirebon,Jawa Barat (7/7/2019) pagi.
Dengan mengambil tema Mempererat Persatuan dan Kesatuan Sesama Warga Perantau Untuk Mencapai Manusia yang Berkualitas ini berharap Ikabass kedepannya dapat berkontribusi positif bagi masyarakat luas minimal buat dilingkungannya sendiri. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Ikabass Wilayah 3 Cirebon CK Fahmi Hasain Zein SE.MM dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut.
“Acara agenda tahunan ini bukan semata-mata bagi anggota Ikabass saja tapi media silaturahmi bagi warga Bangka Belitung,Lampung,Bengkulu dan Jambi. Saya juga mengucapkan terimakasih buat panitia yang telah bekerja keras agar terselenggaranya acara ini berjalan lancar mesti dadakan,”ujar CK Fahmi Hasain Zein.

Lebih lanjut Fahmi menambahkan agar anggota Ikabass terus menjaga kekompakan dan dapat bermanfaat bagi orang lain dimana pun dirinya berada. “Anggota Ikabass sudah banyak yang melakukan
hal yang baik bagi masyarakat sesuai bidang atau kemampuannya , seperti menjadi Ketua DKM Masjid di lingkungannya atau berkarya di Birokrasi pemerintahan juga sektor Swasta, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat bermanfaat buat orang lain,” ujar Fahmi kepada Media JKN disela-sela acara.

Ditempat yang sama Ketua Koperasi Ikabass H.Ir Eriyanto Mst dalam sambutannya mengedepankan perlunya komitmen bersama dalam membangun Koperasi agar bisa lebih berkembang dam bermanfaat bagi anggotanya
” terkait hal-hal yang menyangkut koperasi dapat ditanyakan kepada pengurus. Intinya Ikabass memiliki Koperasi sendiri yang dapat dimanfaatkan oleh anggotanya,seperti untuk modal usaha atau keperluan lainnya,”ujar Eriyanto singkat.

Acara yang dipandu MC. Bang Toton itu diisi dengan pembacaan Ayat suci Alquran serta Tausiah oleh Ustdz KH. Abang Faturrozi yang membahas tentang Ketakwaan kepada Allah SWT dan persembahan kesenian dari Sumatera Selatan juga Kesenian tradisional Daerah Cirebon yakni tari topeng yang dibawakan oleh Ananda Cantika Kusuma Dewi dari Sanggar Tari Mimi Rasinah Indramayu asuhan Early dan Dedy Supriadi. Selain acara hiburan yang mempersembahkan lagu-lagu dari Sumbagsel juga pembagian Doorprize buat peserta yang hadir dari berbagai wilayah Tiga Cirebon termasuk undangan dari luar kota. Tampak hadir pula diantara tamu undangan AKBP (Purn)Mahyudin Sugianto,AKBP (Purn) Hasanudin Mantan Kapolsek Utara-Barat (Utbar), juga Kapolsek Weru Cirebon, Kompol Rusdi.

Kemeriahan acara yang digelar diaula kantor P3GL tersebut semakin semarak saat owner Perusahaan Jasa Prima Group Ratu Hj. Ayu Suhartini SE,MM didaulat ke panggug untuk menghibur tamu undangan membawakan lagu Melayu berirama dangdut diselengi Saweran sebagai bentuk ekpresi kebahagian bersama.
Sementara itu Kapolsek Arjawinangun Kompol Sukemi yang ikut hadir dalam acara tersebut kepada Media ini mengatakan dirinya secara pribadi mengapresiasi acara tersebut karena menurutnya dapat saling mengenal satu sama lainnya namun masih kata Sukemi kedepannya komunitas ini agar dapat lebih berkiprah lagi di masyarakat.
“Saya kira ini bagus sebab bisa saling mengenal sesama anggota komunitas ini serta bersilaturahmi namun kedepannya bisa diusulkan ke panitia agar dapat lebih berkontribusi maksimal ditengah masyarakat,”ujar Sukemi yang memiliki Istri dari Palembang ini.

Di tempat terpisah owner Perusahaan Jasa Prima Group Ratu Hj. Ayu Suhartini SE.MM mengaku dirinya senanhg dapat hadir di acara tersebut pasalnya dapat bertemu kembali denngan komunitas Wong Kito Galo ditengah kesibukan masing-masing.

“Saya tentunya senang hadir diacara Halal bi halal keluarga besar Ikabass yang sudah seperti saudara sendiri. Harapan saya semoga terus dapat menjaga kekompakan dan saling berbagi,” ujar Ratu Ayu Suhartini yang juga Pimpinan Media Jejak Kasus News ini.

Bunda Ayu demikian wanita ini biasa disapa menambahkan kegiatan Ikabass tidak hanya pada acara seremonial semata namun juga melakukan aksi sosial kepada masyarakat seperti sunatan massal,santunan ke panti asuhan atau jompo sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama juga anggotanya.

“Kami mempunyai kegiatan sosial ke masyarakat sebagai bentuk empati seperti memberi santunan. Untuk kegiatan Internal yang sudah berjalan adalah pengjian rutin setiap minggu,”pungkas Bunda Ayu wanita pengusaha yang memiliki Tiga orang anak ini.
(Hafidz/Kurtis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *